Terbaru

PAPANDAYAN, 13 – 15 NOVEMBER 2015

20151114_080400 20151114_081258 20151114_092213 20151115_065827 20151115_070118 B612_20151115_135725 DSC_0834 DSC_0837

Iklan

Puncak batu !!!

View on Path

View on Path

No edit. No efek. No filter.

NATURAL

View on Path

Metamorposis

View on Path

Work

View on Path

Ini Dia Fitur Baru Android 5.0 Lollipop

Android 5.0 Lollipop baru saja digulirkan. Peluncuran versi terbaru OS besutan Google ini juga dibarengi dengan perangkat Nexus terbaru, Nexus 6 smartphone dan tablet Nexus 9. Lollipop mungkin dianggap sebagai salah satu update yang paling signifikan dalam sejarah Android.

Misalnya antarmuka yang benar-benar dirubah dengan nuansa “datar” yang modis. Selain itu, Google juga merombak sistem notifikasi yang lama yang tampak pucat dan suram, jika dibandingkan dengan milik Samsung, LG, atau buatan pihak ketiga yang dapat Anda temukan di Play Store.

Opsi multitasking juga mendapat dorongan dengan nuangsa sistem kartu Google Now, dan ada banyak perubahan lain yang tak terlihat, seperti compiler 64-bit dan Project  Volta untuk daya tahan baterai. Sekarang kita bahas satu per satu apa saja fitur baru yang ada di Android 5.0 Lollipoop

1. New “Material ” Design

Bahasa visual baru Android yang terinspirasi oleh alam, fisika, dan berani, tampilan grafis terlihat seperti cetakan. Atau dengan kata lain, desain yang didasarkan pada kualitas kertas. Untuk mengesankan Material Design, terlihat seperti metafora material  “menggunakan atribut taktil  yang familiar” dan “pencahayaan yang realistis” untuk memberikan “ruang rasionalisasi” dan “sistem gerak”.

Fundamental kedua adalah gerak. Google sangat spesifik tentang bagaimana Android bergerak pada layar perangkat Anda . Seluruh aksi berlangsung dalam satu lingkungan Objects disajikan kepada pengguna tanpa menggangu aktifitas bahkan saat mereka mengubah dan mereorganisasi. Feedbacknya halus namun jelas. .

2. Android on all screen

Android Lollipop menggunakan konsep all-screen yang bisa menyesuaikan perangkat ketika digunakan di ponsel, tablet, laptop, TV, mobil, jam tangan, dan elektronik rumah , mirip yang dijalankan oleh Micrososft di Windows terbaru.

3. Disain baru notifikasi

Notifikasi di Android Lollipop mendapatkan disain baru. Sistem nitifikasi yang diitngkatkan sekarang bisa menampilkan prioritas dan menyembunyikan siapa saja tidak diprioritaskan. Untuk menampilkan notifikasi lainnya tinggal geser ke bawah.

Fitur baru lain yang keren dari norifikasi yang baru adalah cara muncul di atas dari aplikasi apa saja yang sedang Anda gunakan, memungkinkan Anda untuk melihatnya tanpa berpindah tampilan. Bukan hanya itu, Anda akan bisa mengabaikan atau menindaklanjuti dengan mudah.

4. 64-bit ART compiler

Yang ini merupakan perubahan revolusioner di Android, juga. Menggantikan Dalvik compiler ke ART yang efisien, yang akan membuat Android benar-benar cross-platform pada ARM, x86 dan MIPS.

ART compiler secara signifikan akan mengoptimalkan kerja memori dan aplikasi ketika loading, jadi Google menjanjikan kinerja hingga dua kali lebih cepat. Selain itu, semua ART 64-bit, sehingga dapat mengambil keuntungan dari aplikasi baru yang ditulis dari groundup untuk pengolahan arsitektur 64-bit, seperti prosesor Cortex-A57 ARM yang baru.

Hal ini juga akan memakan banyak memori RAM yang akan ditangani, sehingga melihat perangkat Android dengan lebih dari 3 GB RAM tidak perlu dipertanyaan. Semua perbaikan ini datang secara gratis, tentu saja, segera setelah Android baru menyentuh ponsel Anda.

5. Proyek Volta untuk meningkatkan daya tahan baterai

Proyek Volta adalah tambahan alat baru yang memungkinkan pengembang untuk lebih mudah mencari tahu bagaimana dan mengapa sebuah aplikasi mempengaruhi daya tahan baterai, dan alat itu untuk memastikan tugas-tugas tertentu agar tidak aktif ketika baterai melemah.

Bagian pertama dari yang disebut Battery Historian. Ini memberikan rinci catatan ketika baterai terkuras dan apa sebenarnya penggunaan yang menyebabkannya untuk  membantu pengembang mengidentifikasi fitur yang memakan terlalu banyak daya baterai. Berikutnya adalah API Job Scheduler, yang membuatnya lebih mudah bagi pengembang untuk memilih tugas yang dilakukan, berarti tugas-tugas yang menguras baterai bisa dilakukan saat pengisian, atau perangkat akan menghindari pembaruan aplikasi bila baterai sekarat.

Di sisi pengguna, sekarang ada built-in mode Battery Saver, mirip dengan apa yang ditemukan pada Samsung atau HTC. Versi Google built-in akan menurunkan kecerahan layar, kerja CPU Anda, dan batas update background.

6. Menu recent apps baru

Tab recents baru sekarang pembagian tab Chrome yang ada menjadi terpisah, bisa diklik, dan berbeda. Terlebih lagi, Google sekali lagi membuka API ini untuk pengembang, jadi jika itu jenis fungsi masuk akal untuk aplikasi tertentu, pengembang akan diuntungkan.

7. Context-aware unlocking

Personal unlocking merupakan konsep cerdas yang dapat memperhitungkan perangkat Bluetooth bahwa ponsel atau tablet sedang terhubung pada lokasi pengguna, bahkan suara unik. Dalam demonya, di mana layar yang terkunci kunci pola akan dilewati ketika smartphone Android dekat dengan smartwatch.

Keduanya lalu dipasangkan,  jadi ponsel sangat mengenali smartwatch, dan mendeteksi bahwa pengguna tidak jauh. Jika smartwatch diluar jangkauan maka kunci pola muncul lagi. Dengan kata lain, sistem mendeteksi ketika pengguna jauh dan meminta kunci pola guna mencegah akses yang tidak diinginkan.

8. Memisahkan bekerja dan bermain

Android Lollipop memudahkan pengguna dalam menggunakan perangkat untuk dua jenis penggunaan, bekerja dan bermain. Ini termasuk menjaga data terpisah, dan mendapatkan bantuan dari sumber yang mengejutkan.

Fitur ini mungkin lahir dari kerjasama antara Google dan Samsung baru-baru ini, dan ini cukup penting. Samsung telah memberikan kontribusi bagian dari perangkat lunak keamanan Knox untuk dijalankan sebagai bagian inti dari Android. Ini akan menjaga data kerja dan pribadi menjadi terpisah, dan ini menjadi standar di Android Lollipop. Hal ini juga akan memungkinkan Samsung Knox Independent Software Vendor (ISV) dan pengembang untuk menjangkau khalayak yang lebih luas di luar perangkat bermerek Samsung.

9. Peningkatan pencarian kontekstual

Google telah menempatkan penekanan pada ‘penemuan kembali’, yang berarti bahwa Google Search sekarang akan lebih baik dalam merekam apa yang Anda lakukan sebelumnya. Salah satu keutamaanya adalah pengetahuan fitur Search dari pencarian Google Earth pengguna untuk lokasi.

Query ini, dilakukan dalam sebuah aplikasi terpisah dari Search, kemudian dimasukkan dalam hasil yang Anda dapatkan untuk permintaan pencarian yang sama atau serupa, dan Anda akan dapat melompat tepat ke aplikasi tertentu dan akan mulai tepat di mana Anda menghentikannya.

10. Dukungan API baru,  Bluetooth 4.1, USB audio dan mode Burst Photo

SDK Android Lollipop akan berisi dukungan untuk ribuan API baru, dengan beberapa sebutan terkenal menjadi dukungan Bluetooth 4.1, USB audio, dan modus bursh photo untuk aplikasi pihak ketiga. (*)

BBM Kini Hadir di Smartphone Nokia

Aplikasi pesan instan populer BlackBerry Messenger atau yang dikenal dengan singkatan BBM kini hadir di smartphone milik Nokia.

Pada Mobile World Congress 2014, Nokia mengumumkan bahwa BlackBerry Messenger atau BBM kini telah tersedia di Nokia X dan akan segera hadir untuk Nokia Lumia dengan Windows Phone 8. BBM merupakan salah satu aplikasi pesan instan (instant messaging) ternama di Indonesia.

 

Beragam fitur utama yang dimiliki oleh BBM akan dapat dinikmati oleh pengguna Nokia X dan Nokia Lumia Windows Phone 8. Berkomunikasi dengan pengguna BBM pada platform lainnya, privasi yang terkontrol dengan adanya nomor PIN, berbagi pesan melalui Groups, Multi-person chats, hingga Broadcast messages dan membuat profil BBM pengguna.

Hadirnya BBM pada Nokia X dan Nokia Lumia WP 8 melengkapi pilihan aplikasi yang bisa didapatkan oleh pengguna Nokia. BBM akan tersedia secara langsung (pre-loaded) pada Nokia X dan akan hadir menyusul pada Nokia Lumia WP 8 melalui Windows Phone Store.

“BBM akan terus memberikan pengalaman terbaik sebagai platform messaging premium yang menyediakan kemudahan dan efektivitas untuk selalu terhubung. BBM merupakan platform messaging terbaik di kelasnya yang menawarkan tingkat keamanan terpercaya dan tingkat interaksi yang tinggi dengan notifikasi ‘delivered’ dan ‘read’ yang dimiliki. Kami sangat senang saat ini pengguna Nokia dapat menikmati pengalaman terbaik dalam berkirim pesan  bersama-sama dengan pengguna lainnya,” demikian kata Krishnadeep Baruah, Senior Marketing Director for BBM Asia Pacific.

Ini Hacker Terbaik Dunia

TEMPO.CO, Jakarta – Hacking atau peretasan tidak melulu bersifat negatif, seperti membobol atau mencuri data. Meretas merupakan keahlian tersendiri yang memiliki nilai kompetitif. Berikut merupakan tim peretas terbaik versi kompetisi hacking yang dilansir situs CTF Time, Kamis, 31 Oktober 2013. Penilaian berdasarkan keahlian mereka mengutak-atik sistem keamanan, bukan berapa kali mereka membobolnya. Berikut ini daftar mereka:

 

Plaid Parliament of Pwning

 

Ahmad Muammar, anggota Tim Rentjong, yang menjadi peserta di ajang Capture The Flag (CTF) Hack in the Box di Malaysia, menyebut Plaid Parliament Pwning sebagai tim favoritnya. Disingkat PPP, tim ini merupakan gabungan peneliti berbasis sistem keamanan yang dibentuk pada 2009 di Carnegie Mellon University, Pittsburgh, Amerika Serikat. Tim ini diketuai oleh asisten profesor di departemen teknik elektro dan teknik komputer, David Brumley.

 

Adapun anggota aktif PPP berjumlah 23 orang dengan beragam latar belakang, seperti programmer, serta anggota komunitas digital. Sepanjang tiga tahun terakhir, PPP sukses meraih prestasi di ajang kompetisi hacking di Amerika Serikat maupun antarnegara.

 

PPP rutin mengadakan kompetisi dengan tema “Capture The Flag”, permainan berbasis peperangan sistem keamanan komputer, di mana setiap pesertanya bersaing untuk memperoleh kunci berupa bendera dengan cara memecahkan masalah. Beragam cara yang dilakukan, yaitu meretas situs, melakukan binary reverse engineering, mengeksploitasi sistem, forensik, kriptografi, dan sebagainya.

 

Situs CTF.org menempatkan mereka di peringkat pertama di antara tim terbaik, dengan poin 1461.205. Mereka sukses menjuarai beragam kompetisi bergengsi seperti DEF CON, CSAW CTF Quality Round, dan Boston Key Party.

 

Smoked Leet Chicken

 

Dari Rusia, tim ini merupakan gabungan dari tim Leet More dan Smoked Chicken yang sebelumnya sama-sama berpartisipasi di kompetisi bertema “Capture The Flag”. Dilihat di situs resminya, Smoked Chicken dibentuk pada 14 Mei 2006. Dibentuknya tim ini bersamaan dengan diadakannya kompetisi CTF di Rusia bernama UralCTF.

 

Penggabungan kedua tim rupanya membawa hoki. Selanjutnya mereka kerap memenangkan beragam kontes, seperti PHDays 2012 CTF, PlaidCTF 2012, HITB 2012, CODEYUT 2012, dan HackIM 2013.

 

Tim Lainnya

Dragon Sector adalah nama sebuah tim asal Polandia yang masuk di jajaran teratas tim terbaik versi situs CTF.org. Poin yang mereka raih yaitu 697.429.

 

Sayangnya, tidak banyak informasi mengenai tim ini. Blog mereka, blog.dragonsector.pl tidak memberikan informasi mengenai kiprahnya di kompetisi hacking. Mereka banyak menampilkan kode dan link untuk mengutak-atik suatu sistem. Selanjutknya, ada Eindbazen asal Belanda. Tim ini dibentuk pada Maret 2011. Anggotanya terdiri atas mahasiswa dan kalangan profesional di bidang teknologi informasi.

Gara-gara Kritikannya di Facebook, Blogger Ini Dipenjara 15 Bulan!

Adalah seorang blogger asal Vietnam yang memposting kritik keras pada pemerintah Vietnam di Facebook ( FB ). Konon, blogger yang bernama Dinh Nhat Uy (30) tersebut dihukum karena menyalahgunakan kebebasan demokratis untuk melanggar kepentingan negara. Dihn menggunakan Facebook untuk mengkampanyekan pembebasan adiknya, yang dipenjara karena kasus yang sama dengan Dihn. Menurut Human Right Watch, adik kandung Dihn juga karena menggunakan media so

sial untuk melontarkan komentar politik, ditangkap 15 Juni 2013 dan menghadapi hukuman penjara tiga tahun lamanya.
B4817be0f55848ee90a380329ca1f466

Melalui Facebook, Dihn melontarkan pernyataan-pernyataan pedasnya pada praktek ketidakadilan Pemerintah Vietnam yang mengebiri kebebasan mengutarakan pendapat di media sosial. Karena postingan pedasnya di Facebook, Pemerintah Komunis Vietnam mengganjar hukuman 15 bulan penjara ke Dihn. Dan blogger kritis itu mulai menjalani masa hukumannya di penjara Provinsi Long An-Vietnam.

Dilansir dari  Bloomberg, Pemerintah Vietnam memang terkenal cukup keras dalam mengontrol kebesasan mengutarakan pendapat di media massa dan jejaring sosial. Apalagi jika isi pernyataan yang disebarkan tersebut mengandung propaganda anti-pemerintah. Hal ini termuat dalam Dekrit Hukum Intelektual dan Internet yang telah menarik kecaman internasional karena “mencekik” kebebasan berekspresi di media online. Pada bulan Agustus 2012, koalisi dari 21 pemerintahan negara berkembang mengatakan bahwa Dekrit Hukum Intelektual dan Internet di Vietnam  dapat mengancam  perkembangan industri teknologi di Vietnam.

Sementara itu, Dihn mengatakan bahwa dirinya akan mengajukan banding dengan putusan itu. Apapun postingan kritis yang diupload ke Facebook adalah hal yang mengandung kebenaran. Dan Dihn mengatakan dengan kasus ini jelas melukai hak-hak manusia dalam mengutarakan pendapat mereka di media sosial.

Sebelumnya, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Hanoi telah membujuk Dihn untuk menghapus dan menghentikan postingan kritis  Dihn ke Facebook. Apalagi pihak Kedutaan Besar Amerika Serikat mencium adanya muatan politik, kebencian, dan unsur propaganda di dalam postingan Dihn. Namun seorang juru bicara Kedutaan Besar Amerika Serikat di Hanoi menyerukan kepada pemerintah Vietnam untuk membebaskan tanpa syarat semua tahanan yang berkaitan dengan postingan keras di media sosial. Karena  semua masyarakat Vietnam juga berhak untuk mengekspresikan pandangan politik mereka melalui media sosial, termasuk Facebook.

Menurut Phil Robertson (wakil direktur Asia untuk Human Rights Watch) ini adalah pertama kalinya Facebook telah secara khusus disebutkan dalam dakwaan kasus postingan kritis dan propaganda melalui media sosial.

Sejauh ini, Pemerintah Vietnam telah memenjarakan 62 blogger dan aktivis dengan tuduhan melanggar undang-undang keamanan nasional sepanjang tahun 2013. Dan menurut Human Rights Watch pada tahun 2012 , ada 40 kasus yang belum terselesaikan secara tuntas.

Pihak Facebook Inc tidak menanggapi atau enggan berkomentar perihal kasus ini.