Ini Hacker Terbaik Dunia

TEMPO.CO, Jakarta – Hacking atau peretasan tidak melulu bersifat negatif, seperti membobol atau mencuri data. Meretas merupakan keahlian tersendiri yang memiliki nilai kompetitif. Berikut merupakan tim peretas terbaik versi kompetisi hacking yang dilansir situs CTF Time, Kamis, 31 Oktober 2013. Penilaian berdasarkan keahlian mereka mengutak-atik sistem keamanan, bukan berapa kali mereka membobolnya. Berikut ini daftar mereka:

 

Plaid Parliament of Pwning

 

Ahmad Muammar, anggota Tim Rentjong, yang menjadi peserta di ajang Capture The Flag (CTF) Hack in the Box di Malaysia, menyebut Plaid Parliament Pwning sebagai tim favoritnya. Disingkat PPP, tim ini merupakan gabungan peneliti berbasis sistem keamanan yang dibentuk pada 2009 di Carnegie Mellon University, Pittsburgh, Amerika Serikat. Tim ini diketuai oleh asisten profesor di departemen teknik elektro dan teknik komputer, David Brumley.

 

Adapun anggota aktif PPP berjumlah 23 orang dengan beragam latar belakang, seperti programmer, serta anggota komunitas digital. Sepanjang tiga tahun terakhir, PPP sukses meraih prestasi di ajang kompetisi hacking di Amerika Serikat maupun antarnegara.

 

PPP rutin mengadakan kompetisi dengan tema “Capture The Flag”, permainan berbasis peperangan sistem keamanan komputer, di mana setiap pesertanya bersaing untuk memperoleh kunci berupa bendera dengan cara memecahkan masalah. Beragam cara yang dilakukan, yaitu meretas situs, melakukan binary reverse engineering, mengeksploitasi sistem, forensik, kriptografi, dan sebagainya.

 

Situs CTF.org menempatkan mereka di peringkat pertama di antara tim terbaik, dengan poin 1461.205. Mereka sukses menjuarai beragam kompetisi bergengsi seperti DEF CON, CSAW CTF Quality Round, dan Boston Key Party.

 

Smoked Leet Chicken

 

Dari Rusia, tim ini merupakan gabungan dari tim Leet More dan Smoked Chicken yang sebelumnya sama-sama berpartisipasi di kompetisi bertema “Capture The Flag”. Dilihat di situs resminya, Smoked Chicken dibentuk pada 14 Mei 2006. Dibentuknya tim ini bersamaan dengan diadakannya kompetisi CTF di Rusia bernama UralCTF.

 

Penggabungan kedua tim rupanya membawa hoki. Selanjutnya mereka kerap memenangkan beragam kontes, seperti PHDays 2012 CTF, PlaidCTF 2012, HITB 2012, CODEYUT 2012, dan HackIM 2013.

 

Tim Lainnya

Dragon Sector adalah nama sebuah tim asal Polandia yang masuk di jajaran teratas tim terbaik versi situs CTF.org. Poin yang mereka raih yaitu 697.429.

 

Sayangnya, tidak banyak informasi mengenai tim ini. Blog mereka, blog.dragonsector.pl tidak memberikan informasi mengenai kiprahnya di kompetisi hacking. Mereka banyak menampilkan kode dan link untuk mengutak-atik suatu sistem. Selanjutknya, ada Eindbazen asal Belanda. Tim ini dibentuk pada Maret 2011. Anggotanya terdiri atas mahasiswa dan kalangan profesional di bidang teknologi informasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s