Serangan Hacker dari Indonesia No.1 di Dunia

Indonesia kini menjadi sumber utama serangan hacker diantara 175 negara atau wilayah yang diamati oleh Akamai, perusahaan yang melayani hampir seperlima lalu lintas web global.

Menurut sebuah laporan baru Akamai, serangan dari lalu lintas online Indonesia meningkat hampir dua kali lipat atau 38 persen dari kuartal sebelumnya, demikian laporkan qz.com, Rabu (16/10). 308bc3044927c8838bac66ee5685fdda
Berdasarkan laporan itu, terlihat adanya interaksi IP Address yang tidak terlihat dan melakukan serangan online. Serangan ini menganggu dan mematikan website. Selain itu, serangan itu juga melalui distributed-denial-of-service (DDoS). Serangan DDoS meningkat 54 persen dari kuartal sebelumnya.

Cina menjadi tempat kedua terbesar di dunia yang melakukan kejahatan di cyber mencapai 33 persen. Amerika Serikat (AS) hanya menempati ketiga yaitu 6,9 persen.

Sebagaimana dilaporkan adanya kenaikan serangan hacker di Indonesia. Padahal pada kuartal terakhir 2012, Indonesia tidak masuk dalam daftar Akamai sebagai negara yang sering mendapat serangan cyber.

Mengapa Indonesia alami peningkatan dalam serangan cyber? Ada kemungkinan Indonesia menjadi surga bagi hacker. Berdasarkan laporan Akamai, serangan ke IP Address Indonesia bisa melalui negara lain. “Sebagai contoh, seorang penjahat di Rusia dapat menyerang sistem jaringan di Cina” kata Akamai.

Hacker terus berkembang dan terus mencari kelemahan di setiap jaringan terutama di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Menurut Akamai, kecepatan rata-rata internet meningkat 125% pada kuartal kedua, dari tahun sebelumnya, namun pemerintah masih dikritik karena tidak memperkuat keamanan  yang cukup.

Selama tiga tahun terakhir, telah terjadi 36,6 juta insiden hacking terhadap pemerintah. Namun, Indonesia hanya memiliki beberapa aturan hukum yang melarang aktivitas kejahatan cyber.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s