Kendal Heritage Carnival, Ratuning Bawono

KARNAVAL1Kendal Heritage Carnival kembali digelar Pemerintah Kabupaten Kendal, tahun ini tema yang diusung dalam karnaval tahunan yakni ratuning bawono. Pemilihan tema ini tidaklah tanpa arti, melanjutkan tema tahun-tahun sebelumnya, ratuning bawono ingin menunjukan Kabupaten Kendal akan memimpin daerah lain dalam pembangunan.
Dengan menggunakan kereta kencana, Bupati Kendal bersama muspida menyusuri jalur pantura Kendal menuju panggung kehormatan di alun-alun setempat. Kendal Heritage Carnival ditandai dengan pelepasan burung merpati dilanjutkan dengan penampilan sejumlah kesenian daerah.
KARNAVAL2Sendratari yang menggambarkan perjuangan Srikandi melepaskan diri dari pengaruh jahat para raksasa, bentuk perjuangan pemimpin Kendal dalam membangun wilayahnya untuk sejahtera. Bupati Kendal Widya Kandi Susanti mengatakan ratuning bawono berarti penguasa dunia dan Kendal bisa mewujudkannya melalui kerja keras pemimpin dan rakyatnya.
Karnaval tahun ini, juga diikuti lima peserta dari kabupaten lain di Jawa Tengah yakni Kabupaten Temanggung, Purworejo. Magelang. Purbalingga dan Sukoharjo.
“Tema kali ini rangkaian dari tahun-tahun sebelumnya, tema ratuning bawono ingin menujukan Kendal siap memimpin daerah lain,” kata Widya.
Usai penampilan sendratari Srikandi Senopati, berturut turut penampilan karnaval batik beraneka corak. Batik yang ditampilkan dalam Kendal Heritage Carnival sendiri merupakan batik khas Kendal. Selain itu kesenian daerah dari 20 kecamatan di kabupaten Kendal juga ikut ditampilkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s