Pasang WiFi di Gigi Untuk Kontrol Makan

310 261 Tooth Sensor Size

Kini bukan perangkat komputer dan telepon genggam saja yang dilengkapi teknologi wireless fidelity (Wi-Fi). Bahkan, teknologi komunikasi nirkabel itu sudah pula dipasangkan ke gigi manusia untuk membantu mengontrol perilaku makan berlebih.

Gigi berteknologi wi-fi ini dikembangkan oleh para ilmuwan dari National Taiwan University. Bentuknya berupa sensor mini yang dilekatkan ke gigi manusia, untuk mendeteksi makanan ataupun asupan lain yang masuk ke tubuh melalui mulut manusia.

Sensor ini mampu mendeteksi banyaknya makanan yang dikonsumsi seseorang. Tak hanya itu, wi-fi di gigi itu bisa juga mendeteksi kebiasaan merokok dan minum-minuman keras.Teknologi sensor yang dipakai itu didasarkan pada gerakan mengunyah yang diyakini bervariasi tergantung jenis makanannya. “Karena mulut adalah pintu masuk bagi kesehatan manusia, sistem sensor oral sangat potensial dipakai untuk memonitor kesehatan seperti riwayat diet,” kata para ilmuwan, seperti dilansir laman New York Daily News, Kamis (1/8).

Dalam eksperimen yang dilakukan baru-baru ini, para ilmuwan menghubungkan sensor di gigi dengan komputer melalui teknologi wi-fi. Dalam kenyataannya kelak, teknologi ini bisa juga menyambungkan gigi dengan perangkat lain, seperti smartphone alias ponsel pintar.

Para pengamat meyakini teknologi ini sangat mungkin untuk diwujudkan menjadi perangkat sehari-hari. Namun, yang masih perlu dipikirkan adalah faktor keamanan, mengingat sensor tersebut berukuran sangat mini dan ditempelkan di gigi sehingga sangat mungkin untuk tertelan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s