Symbian Mati, Spare Part-nya pun Sulit Dicari

Imbas diberhentikannya pengembangan terhadap ponsel berbasis Symbian oleh Nokia membawa efek yang cukup mengkhawatirkan. Salah satu akibatnya adalah ketersedian aksesoris yang sudah yang sulit ditemukannya di pasar. 

Menurut pantauan dari salah satu kontributor PULSA, ketika hendak membeli baterai smartphoneNokia PureView 808, perangkat tersebut tidak dapat ditemui. Ketidaktersediaan perangkat aksesories terjadi tak hanya di temui di toko aksesoris yang menjual produk original, tetapi juga diNokia Care Center ITC Roxy Mas. 

Tak hanya aksesoris yang sulit ditemui, pengguna ponsel berbasis symbian juga akan sulit untuk memperbaiki ponselnya yang telah rusak. Hal ini terbukti saat PULSA  hendak memperbaiki salah satu ponsel Nokia Symbian yakni Nokia C6-00, pihak dari Nokia Care Center pun tidak bisa memperbaikinya dengan alasan spare part yang dibutuhkan tidak ada. Dengan keadaan ini memang sangat disayangkan, seharusnya dengan berhentinya pengembangan dari OS Symbian oleh Nokia tidak serta merta mematikan keberadaan perangkat pendukung seperti aksesoris serta spare part yang dibutuhkan oleh konsumen ketika perangkat yang dimilikinya terjadi kerusakan. 

Hingga berita ini diturunkan, belum ada pihak Nokia yang mengkonfirmasi atas kejadian ini. Namun bisa dipastikan dengan berakhirnya era Symbian menjadi pelajaran untuk konsumen agar semakin cermat untuk memilih ponsel mana yang hendak dibeli. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s