BandrOS, OS Buatan Lokal Bukti Indonesia Siap Produksi Ponsel ?

BandrOS

Kemampuan anak Indonesia dalam mengembangkan teknologi terbukti tidak kalah dengan negara maju. Kali ini anak bangsa akan mempersembahkan sebuah sistem operasi terbaru. Dengan nama BandrOS, maka anak bangsa telah ikut berkompetisi dalam persaingan sistem operasi mobile.

BandrOS merupakan sebuah kepanjangan dari Bandung Raya Operating System ini dinaungi oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Meski demikian belum diketahui apakah kedepannya sistem operasi ini akan diproduksi secara massal.

Sementara ini, OS anyar ini akan difokuskan untuk smartphone pada segmen pemerintahan dan perusahaan saja. Meski demikian, Indonesia patut berharap kalau sistem operasi buatan anak bangsa ini bisa beredar luas.

Produksi BandrOS menurut LIPI dari sisi hardwarenya tergantung pula pada vendor yang nanti akan memproduksinya. Dari sebuah perbincangan didapat bahwa pihakya akan segera mengkonfirmasi kehadiran OS lokal ini. Dilansir dari Kantor Berita Antara, Bapak Wawan (Juru Bicara Pusat Penelitian Informatika) mengatakan bahwa pihaknya hanya sekedar membuat OS mobile, sedangkan untuk masalah hardwarenya masih tergantung pada vendor yang nanti mau memproduksinya secara massal.

Adapun issue yang beredar belakangan, bahwa Indonesia akan menyiapkan 2 produksi massal ponsel dalam negerinya. Apakah BandrOS merupakan OS yang akan dibenamkan di dalamnya atau tidak belum banyak yang berprediksi. Namun jika dilihat dari perkembangan dan geliat pertumbuhan smartphone di Indonesia, dan kini Indonesia siap untuk menciptakan OS sendiri, bukan tidak mungkin tanah air tercinta ini akan sanggup berkompetisi dengan pabrikan global seperti Samsung (Korea Selatan) atau bahkan Nokia (Finlandia).

2 responses

  1. keren, ntar gua beli lah,

    27 September 2013 pukul 8:45 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s