Kabel Bawah Laut Telkom Putus, Internet Terganggu

Layanan internet PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan Telkomsel, Selasa (25/6) mengalami gangguan. Hal itu akibat dari putusnya kabel fiber optik bawah laut di wilayah Batam, Kepulauan Riau. Beruntung, operator telekomunikasi terbesar itu segera mampu memulihkan layanannya pada pukul 18.00 WIB.
F3efd761e6c2f607261cb291180197cb
Menurut Gatot S. Dewa Broto (Kepala Pusat Informasi dan Humas Departemen Kominfo) putusnya jaringan internet Telkom dan Telkomsel tersebut, mengakibatkan banyak masyarakat yang melapor ke pemerintah. Pihaknya sudah meminta penjelasan ke operator. Ada tiga operator yang sudah dimintai penjelasan oleh Pemerintah yakni Telkomsel, XL dan Indosat. Ketiga operator tersebut memiliki jalur di Batam.

Gatot mengakui akses internet Telkomsel bermasalah sejak pagi kemarin. Upaya untuk mengakses sebuah laman diperlukan waktu yang sangat lama, bahkan terkadang gagal. Putusnya kabel bawah laut sudah sering terjadi. Penyebabnya bukan saja karena terkena jangkar kapal, ada juga kasus karena kabel dicuri. Bahkan Gatot mengakui bahwa hampir setiap bulan pihaknya  menerima laporan dari operator tentang putusnya kabel bawah laut.

Putusnya kabel bawah laut paling sering terjadi di wilayah laut Bangka Belitung (Babel). Pada tanggal 2 Juli 2013 nanti pihaknya akan menggelar sosialisasi. Pihak pemerintah yang menggandeng operator akan mengundang  masyarakat setempat, TNI Angkatan Laut, Kepolisian dan juga Pemda untuk bersama-sama mencari solusi karena cukup banyak laporan terkait putusnya kabel bawah laut yang terjadi di Bangka Belitung.

Koneksi layanan internet Telkom dan Telkomsel mengalami gangguan sejak Selasa (25/6) dini hari. Kabel fiber optic bawah laut ini merupakan jaringan backbone (utama) internet PT Telkom. Menurut Arif Prabowo (President Public Relation PT Telkom) mengatakan bahwa gangguan ini disebabkan oleh karena gangguan kabel bawah laut di wilayah Sumatera, tepatnya di Jalur Tanjung Pandan hingga Pontianak dan jalur yang ada di Batam. Akibat adanya gangguan tersebut, layanan akses internet yang diberikan Telkom Group seperti Telkomsel, Speedy, dan lainnya mengalami hambatan. Hingga kemarin Telkom masih berupaya melakukan perbaikan untuk memulihkan layanan internet. Akses layanan internet sudah kembali pulih pada (26/6) terhitung mulai pukul 18.00 WIB.

Masih membekas di ingatan, pada akhir Maret 2013 lalu kabel bawah laut Telkom juga putus akibat tersangkut jangkar kapal. Hal itu karena perairan di wilayah Batam dangkal.

Arif secara terbuka meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami para pelanggan. Terlebih gangguan tersebut telah menyebabkan konsumen Telkom di daerah mengalami hambatan dalam beraktivitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s