Peretas China Dikabarkan Berhasil Bobol Dokumen Obama

Berita mengejutkan kembali datang dari pertahanan keamanan Amerika Serikat (AS). Seperti dilansir dari NBC News,hacker China telah berhasil melakukan peretasan ke email dan lalu lintas dunia maya Presiden AS Barack Obama. Pihak Gedung Putih tidak bersedia merinci dokumen apa saja milik Obama yang berhasil diretas oleh hacker China. Namun jika dilihat dari pola penyerangan yang mirip dengan peretasan masa kampanye presiden AS di 2008, kemungkinan besar dokumen yang berhasil “diintip” adalah lalu lintas internet, isi inbox email, dan dokumen di komputer kerja Obama.
1c4777f7ebb6fa6630dbb8bcebee973e
Seperti diketahui sebelumnya, pada tahun 2008 hacker dari China berhasil menjebol dan mendapatkan data-data kampanye Presiden Barack Obama dan John McCain. Para hacker berhasil mencuri dokumen internal dari kedua pihak yang sedang berkampanye. Pihak Pentagon sempat kewalahan dengan ulah peretas yang meresahkan jalannya kampanye 2008 lalu. NBC News melaporkan bahwa hacker dari China ini waktu itu ingin mengekspor sejumlah besar data internal dari kedua kubu kampanye, termasuk data perihal perolehan suara internal dan email pribadi dari penasihat kunci dalam kedua kubu, dan ini sangat vital karena terkait dengan strategi kampanye pemilu.

Strategi ( phishing hack ) peretas China itu sangat sederhana. Sebuah e-mail dikirimkan ke staf atas dari kedua kubu yang merinci agenda untuk pertemuan pemilu yang akan datang. Namun seiring dengan email ber-subtitle ‘agenda’ tersebut, peretas China ini memberikan attachment atau lampiran malware yang sangat canggih yang diinstal sendiri ke komputer para staf. Malware direplikasi melalui sistem komputer kampanye Barack Obama dan dirancang untuk lumpuh selama bertahun-tahun.

Alan Brill (Direktur Senior Managing Kroll Solutions) menggambarkan malware yang dibawa oleh peretas China ke Presiden AS Barack Obama tergolong canggih dan pembaruan dari malware masa kampanye pada 2008 lalu.

Sementara juru bicara komunitas peretas China menyangkal dan mengatakan tidak tahu menahu dengan aksi peretasan yang menyerang Gedung Putih tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s