Google Hapus Milyaran Fake Views di YouTube

Cef403c4c3be293e4feb38a5a44f0f47

Belum capai pergantian tahun 2013 Google sudah mulai membuat sebuah resolusi yang cukup mengejutkan. Google mulai menghapus jutaan penonton palsu (fake views) pada beberapa video streamingpopularnya, yaitu Youtube.

Menurut Daily Dot, sekitar 2 milyar penonton palsu (fake views) telah dihapus dari channel Youtube milik Sony/BMG, Universal Music Group, dan RCA Records, menyusul laporan adanya teknik penambah view dengan black hat view count, sebuah teknik search engine yang diperlukan untuk melihat jumlah video yang ditonton. Teknik-teknik yang diperlukan dengan menggunakan taktik optimalisasi search engine yang tidak dibenarkan, yang digunakan untuk meningkatkan jumlah view.

Bahkan ada oknum yang memanfaatkannya sebagai ajang bisnis. Contohnya pada Tapangoldy, seorang penjual Youtube view  berusia 16 tahun, yang menggunakan Fiverr sebagai saluran untuk layanannya. Tapangoldy menawarkan layanannya hanya dengan harga 5 USD (Rp45 ribuan), yang mana pelanggannya akan mendapatkan Youtube view lebih dari 10.800 YouTube views  dalam waktu 24 jam.

Dengan penghapusan ini, Universal Music Group menjadi channel yang menderita kerugian besar, dengan saluran YouTube-nya yang kehilangan lebih dari 1 miliar kali view. Berikutnya adalah Sony / BMG, yang turun lebih dari 850 juta view dalam satu hari menyusul keputusan Google untuk membersihkan fake view (penonton palsu). Di sisi lain, RCA Records hilang sekitar 159 juta views.

Google mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan ini melanggar syarat pelayanan, yang melarang metode otomatis menggelembungkan jumlah view.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s