Siswa SMK Ciptakan Alat ON-OFF Mobil Via SMS

Kreativitas siswa-siswi sekolah SMK di Indonesia memang menarik untuk dicermati, dimana tak hanya mampu membuat mobil, merakit pesawat, maupun membuat mesin pengolah limbah. Para siswa pun mampu menciptakan beragam aplikasi maupun maupun gadget yang berguna untuk membantu kita dalam aktivitas sehari-hari.

Salah satunya yaitu siswa SMKN 7 Surabaya, yang baru-baru ini telah menciptakan sebuah remote jarak jauh yang menggunakan fitur ponsel sebagai alat pendukungnya. Remote ini memanfaatkan alat bernama Modem Microcontroller SMS Sender, yang bisa difungsikan untuk menghidupkan atau mematikan mesin kendaraan roda empat, hanya dengan SMS saja.
Seperti yang dikutip via Seputar Indonesia, alat remote ini tak hanya mampu menghidupkan mesin, namun bisa pula remote ini memiliki fungsi lain seperti menghidupkan AC hingga mengunci pintu mobil.
Sistem kerjanya pun terbilang sederhana, dimana Modem Microcontroller SMS Sender yang terdiri dari modem dan IC mikro ditempatkan pada dashboard mobil. Nah, alat inilah yang nantinya akan menerjemahkan perintah SMS sesuai dengan kode yang telah ditentukan. Bermodal sistem komunikasi elektronika menjadikan alat ini tak lagi menggunakan sistem manual untuk mengoperasikan mobil.

Biaya pembuatan alat ini pun cukup murah, dimana hanya menghabiskan sekitar Rp1,7 jutaan. Lewat alat ini diharapkan kedepannya akan mampu menghindari pencurian mobil, yang kini makin marak terjadi. Saat ini, pihak sekolah SMKN 7 Surabaya bermaksud untuk mematenkan alat bikinan siswanya tersebut. Dan, mereka berharap bisa mendapatkan investor untuk mengembangkan sekaligus memproduksinya secara massal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s