Samsung Kembali Diisukan Tertarik Adopsi BlackBerry 10

Harapan terbaik Reseach in Motion (RIM) dalam proses ‘pemulihannya’ adalah Samsung, bukan BlackBerry 10. Lho, kok bisa?

Yup, hal itu seperti dilontarkan oleh seorang analis dari Jefferies, Peter Misek, seperti dilansir AllThingsD, yang meyakini bahwa tinjauan strategis RIM akan berujung pada keputusan untuk melisensi sistem operasi BlackBerry 10. Adapun Samsung menurutnya adalah perusahaan yang paling tertarik atas lisensi itu.

“Mengomentari berbagai laporan terkini, tampaknya RIM menyadari apa pernah dikatakan Wall Street beberapa waktu lalu, bahwa mereka adalah produsen subskala dan sangat membutuhkan mitra,” kata Peter Misek seperti dilansir AllThingsD.

“Kami percaya RIM mencoba untuk menghidupkan kembali diskusi dengan Samsung mengenai kesepakatan lisensi BB 10,” lanjutnya lagi.

RIM sendiri melalui CEO-nya, Thorsten Heins mengakui bahwa lisensi BlackBErry 10 merupakan opsi di bawah pertimbangan serius di perusahaannya.

“Kami tidak memiliki skala ekonomi utnuk bersaing dengan orang-orang yang menggelontorkan 60 handset sehari,” kata Heins.

“Untuk memberikan BB10, kita mungkin perlu untuk melisensinya pada ‘seseorang’ yang dapat melakukan hal ini pada proporsi biaya yang lebih baik dari yang kami bisa lakukan,” lanjutnya.

Apakah kata ‘seseorang’ seperti yang disebut CEO RIM itu adalah Samsung, memang belum bisa ditebak secara pasti. Hanya saja, Peter Misek tampaknya memiliki dugaan ke arah itu, mengingat hal ini bukanlah yang pertama kalinya bagi Misek melayangkan teori semacam itu. Dalam pandangannya beberapa waktu lalu, dengan mengakuisisi RIM (atau mendapat lisensi BB10), Samsung akan mendapatkan akses ke basis pelanggan perusahaan dan menjadikan sarana lain bagi Samsung untuk tidak tergantung pada sistem operasi Android besutan Google.

Menariknya lagi, belum juga ada kepastian Samsung untuk mengadopsi sistem operasi BlackBerry 10, mengingat hal itu masih sebatas spekulasi. Ternyata dampak dari spekulasi didengungkan Peter Misek itu membuat saham Research in Motion naik. Sebagaimana diketahui Peter Misek memang dipandang sebagai analis berpengaruh. Tak heran jika pada akhirnya spekulasinya pun berdampak pada kenaikan harga saham RIM di bursa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s