Orang (Indonesia) mulai Bosan Facebookan?

Ada yang menarik dari data pengguna Facebook dunia yang dirilis oleh SocialBaker baru-baru ini. Indonesia memang masih menempati peringkat 4 pengguna facebook terbesar di dunia. Di atasnya masih ada Amerika, Brazil, dan India.

Jumlah penggunanya pun masih ‘yahud’ yaitu 42 juta lebih. Namun yang perlu dicermati adalah penurunan pertumbuhan pengguna dalam kurun waktu 6 bulan hingga 2 minggu terakhir ini.

Dalam 6 bulan, pertumbuhan pengguna facebook di Indonesia turun sebesar 997.960 atau sekitar 2,32 %. Bahkan dalam 2 minggu terakhir, penurunannya mencapai 1.923.180 atau 4, 37%.

Kecenderungan penurunan pertumbuhan pengguna facebook juga terjadi di Amerika Serikat yang notabene adalah negara penguasa Facebook. Enam bulan terakhir, pertumbuhan facebook di Amerika turun 0,09%.

Total, ada 28 dari 213 negara yang mengalami penurunan penggunaan Facebook. Angka terbesar dicatat oleh negara Malta. Dalam kurun waktu 6 bulan, pertumbuhannya -47,88%. Angka yang fantastis bukan?

Akankah ini indikasi bahwa pengguna Facebook mulai mencapai batas optimum, atau memang karena layanan Facebook tak cukup lagi menarik perhatian?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s