Langgar Paten, iPhone dan iPad Terancam Dilarang Dijual di AS?

Perangkat mobile besutan Apple, seperti iPhone dan iPad tampaknya terancam tak bisa dijual di Amerika Serikat, menyusul sebuah tindakan yang akan diambil sebuah lembaga perdagangan di negara itu yang akan meninjau temuan hakim yang menyatakan bahwa iPhone dan iPad telah melanggar paten Motorola Mobility yang kini telah dimiliki Google. Salah satu dampak terburuk bagi Apple dalam kasus ini adalah sekitar pelarangan impor dari perangkat yang dianggap melanggar itu.

Sebagaimana dikutip PULSAonline via Bloomberg, dilaporkan bahwa komisi perdagangan internasional di AS telah dijadwalkan untuk mengeluarkan keputusan akhir pada 24 Agustus, di mana pihaknya memiliki wewenang untuk memblokir perangkat yang dibuat di Asia untuk memasuki pasar AS.

Komisi tersebut mengatakan bahwa pihaknya akan meninjau berbagai aspek dari keseluruhan empat paten Motorola Mobility dalam kasus ini, termasuk satu paten yang ditemukan telah dilanggar. Lembaga ini jua akan mempertimbangkan apakah harus mengeluarkan larangan impor produk yang ditemukan melanggar paten yang terkait dengan standar industri.

Menurut penuturan salah seorang sumber dikatakan paten yang dilanggar Apple terkait dengan standar industri untuk teknologi 3G yang telah digunakan oleh banyak ponsel, namun Motorola Mobility berargumen bahwa Apple melanggar paten tersebut dengan mengikuti standar.

Di sisi lain Apple berargumen, karena Motorola Mobility membantu mendirikan standar tersebut, seharusnya tidak diperbolehkan untuk memblokir penggunaan penemuan paten terkait dengan standar. Argumen Apple tersebut ternyata diamini oleh U.S. Federal Trade Commision dan operator Verizon, yang telah mengajukan makalah yang mendukung argumen Apple, di mana poinnya adalah pelarangan impor tidak perlu diterapkan pada paten tersebut.

Sebagaimana diketahui menurut hasil riset yang dilakukan NPD Group, iPhone dilaporkan telah menghasilkan penjualan hingga 22 miliar USD pada kuarta terakhir untuk Apple, atau menyumbang 58% dari total pendapatan perusahaan. Smartphone ini merupakan yang terlaris di Amerika Serikat dengan perolehan pangsa pasar 29%.

Sementara iPad menurut studi Display Search, telah mendominasi pasar tablet dengan raihan 72%. Perangkat ini telah menghasilkan pundi-pundi uang buat Apple sektar 9,2 miliar USD, atau hampir 20% dari total pendapatan vendor yang berbasis di Cupertino itu.

Alhasil, jika pada akhirnya pihak U.S. International Trade Commission, membuat keputusan untuk memblokir produk terlaris Apple itu di Amerika Serikat karena dianggap melanggar paten, tentu saja hal tersebut bakal menjadi pukulan telak bagi Apple. So, kita tunggu saja perkembangannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s