Sikat Gigi Tak Benar Sebabkan Kanker

Gagal menyikat gigi Anda dengan baik ternyata bisa meningkatkan risiko mati muda akibat kanker, demikian sebuah penelitian terbaru mengungkapkan. Para ahli menemukan kaitan antara tingginya kadar karang gigi dan mati muda karena kanker. Mereka yang memiliki paling banyak bakteri di permukaan gigi dan gusi mempunyai risiko 80 persen lebih tinggi untuk mati muda.

Menurut para peneliti, seperti dikutip Daily Mail, infeksi dan peradangan memegang peranan penting dalam menaikkan satu dari lima kasus kanker. Infeksi dan peradangan juga merupakan penyebab utama penyakit gusi. Penyakit gusi ini bisa menjadi cara masuk bakteri ke aliran darah.

Temuan ini berasal dari riset kesehatan 1.390 orang dewasa yang dipilih secara acak dari Stockholm selama 24 tahun, mulai tahun 1985. Semua partisipan berusia antara 30 hingga 40 tahun. Saat monitoring dimulai, mereka ditanya mengenai berbagai faktor yang terkait dengan peningkatan risiko kanker, seperti merokok dan kesejahteraan. Kebersihan mulut mereka juga diperiksa untuk mengetahui keberadaan karang gigi, penyakit gusi, dan kehilangan gigi. Tak satu pun dari mereka mengalami penyakit gusi, tetapi mereka semua mempunyai karang gigi dengan level yang berbeda-beda di permukaan gigi dan gusi mereka.

Pada 2009, sebanyak 58 orang meninggal dan sepertiga dari mereka adalah wanita. Di antara mereka yang meninggal, sebanyak 35 orang disebabkan oleh kanker. Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal BMJ Open itu, rata-rata mereka meninggal di usia 61 tahun untuk wanita dan 60 tahun untuk pria.

Namun peneliti dari Amerika mengungkapkan bahwa hubungan tersebut kemungkinan terjadi secara kebetulan. Senada dengan peneliti Amerika, para peneliti Swedia juga mengatakan bahwa temuan mereka baru-baru ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan sebab-akibat antara kanker dan karang gigi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s