RIM Bakal PHK 2.000 Karyawan

Research in Motion (RIM) dikabarkan bakal memberhentikan hampir 2.000 karyawannya pada 1 Juni mendatang.

Globe and Mail Canada melaporkan PHK massal itu dilakukan di kantor RIM di seluruh dunia.

“Restrukturisasi ini akan merampingkan seluruh departemen, mulai dari posisi senior di divisi hukum dan SDM, keuangan, penjualan, dan pemasaran,” kata seorang sumber yang dikutip surat kabar tersebut seperti dilansir Cnet, Senin, 28 Mei 2012.

Perombakan sistem perusahaan produsen ponsel cerdas merek BlackBerry ini tak lepas dari merosotnya popularitas perusahaan dari gonjang-ganjing kepemimpinan di dalamnya.

Dua bulan lalu, CEO RIM yang baru, Thorstein Heins, mengatakan tak akan ragu dalam menerapkan kebijakan yang substansial di dalam perusahaan. “Karena kita membutuhkan perubahan,” ujarnya dalam sebuah konferensi pada akhir Maret lalu.

Dalam beberapa kesempatan, Heins juga tak segan membuka rahasia tentang apa saja yang akan dilakukannya untuk “membangkitkan” kembali RIM.

Contohnya, dia tak segan untuk menjual aset, membentuk kemitraan, membentuk lisensi paten, atau bahkan skenario terburuk misalnya menjual perusahaan.

Yang penting, langkah ini bisa meningkatkan pendapatan RIM dan memberikan keuntungan dalam jangka pendek.

Analis Roger Cheng menilai apa yang dilakukan Heins semata untuk membuktikan ucapannya tentang perubahan radikal di perusahaan.

Menurut Cheng, RIM belum tentu berhasil dalam membangun ekosistem BlackBerry 10, apalagi untuk bersaing dengan Android dan iPhone.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s