Pangeran Nayef, Ahli Waris Arab Saudi, Tutup Usia

Nayef bin Abdulaziz al-Saud, putra mahkota Arab Saudi, dilaporkan meninggal dunia di Jenewa, Swiss. Seperti dilansir kantor berita Reuters yang mengutip televisi Saudi, Sabtu 16 Juni 2012, Nayef yang menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri dan Menteri Dalam Negeri sejak 1975 diduga tutup usia karena sakit.

Nayef, diyakini berusia 78 tahun, merupakan ahli waris takhta Raja Abdullah. Dia dinobatkan sebagai putra mahkota pada Oktober 2011 lalu, menggantikan kakaknya, Putra Mahkota Pangeran Sultan, yang meninggal dunia.

Televisi pemerintah Saudi mengatakan Nayef akan dimakamkan di Mekkah pada Minggu 17 Juni 2012.

Pangeran Nayef dikenal lebih konservatif dibandingkan Raja Abdullah. Dia menentang reformasi yang diajukan Sang Raja dan mengembangkan infrastruktur yang kokoh untuk menghancurkan Al-Qaeda serta mengurung sejumlah aktivis politik.

Dengan kematiannya ini, Raja Abdullah, 89 tahun, harus memilih ahli waris takhta baru untuk kedua kalinya dalam sembilan bulan. Yang diprediksi bakal menggantikan Nayef adalah adiknya, Pangeran Salman, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan salah satu tokoh paling senior di kerajaan tersebut.

Penunjukan Nayef, Oktober tahun lalu, oleh Raja Abdullah adalah pertama kalinya dilakukan setelah raja memberi tahu Dewan Kesetiaan, badan keluarga yang dibentuk pada 2006, melakukan proses suksesi di kerajaan itu.

Itu adalah pertama kalinya dewan tersebut diminta mengkonfirmasi pilihan raja akan putra mahkota, tindakan yang beberapa pengamat katakan akan membantu sistem suksesi yang tidak transparan.

Nayef ditunjuk menggantikan putra mahkota Sultan yang meninggal dunia Oktober lalu karena kanker usus besar di New York pekan lalu. Ia juga menjabat Menteri Pertahanan dan Penerbangan negara itu selama hampir lima dasawarsa. Belum ada pengganti untuk jabatan itu yang telah ditunjuk.

Pangeran Nayif selama ini telah membangun reputasi sebagai seorang konservatif yang memiliki hubungan dekat dengan kekuasaan keagamaan Saudi.

Namun beberapa pengamat dan mantan diplomat di Arab Saudi mengatakan ia mungkin akan menunjukkan sisi yang berbeda dari karakternya dalam jabatan barunya.

Sebagai Mendagri, Nayif berhasil memimpin upaya untuk mengakhiri gelombang serangan Al-Qaeda di kerajaan itu dari 2003. Ia senang melukiskan dirinya sebagai seorang tentara di bawah komando raja Saudi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s