Bikin Ngebut Ponsel Java


emakin banyaknya aplikasi pihak ketiga yang dilepas untuk ponsel-ponsel lokal berimbas pada kinerjanya yang semakin melambat. Selalu berbanding lurus, semakin banyak aplikasi yang terinstal, maka semakin lambat kinerja ponsel Anda.

Banyak faktor yang bisa membuatnya seperti itu. Khusus ponsel lokal, hal ini seringkali disebabkan hardware generik yang dibawa. Maksudnya meski dilengkapi dengan teknologi java, RAM dan prosesornya kadang belum siap menampung aplikasi-aplikasi tambahan. Jadi, alih-alih membuatnya canggih dengan beragam fitur, Anda hanya akan membuatnya berjalan lambat seperti kura-kura,

PULSA punya tips dan trik untuk mengatasinya.

Buang Yang Tidak Perlu

1. Bila ada aplikasi atau game yang sudah tidak digunakan sebaiknya dibuang saja. Caranya masuk ke fun & game > Java > pilih aplikasi atau game yang hendak dibuang > delete > Ok.

2. Bagi yang sering mengakses internet, sebisa mungkin selalu membersihkan file-file temporary (sementara) atau ‘browser cache/cookies’ (delete cookies).

3. Durasi telepon masuk maupun keluar, yang masih tersimpan pun sedikitnya mempengaruhi kinerja ponsel. Dan lebih enaknya direset ulang. Bisa juga dengan mengatur lamanya ‘log duration’.

4. Jika di menu ‘calendar’ pernah diisikan memo-memo khusus, sebaiknya dibersihkan jika tak dibutuhkan lagi.

5. Selalu matikan fasilitas bluetooth jika tidak diperlukan. Dengan selalu aktifnya bluetooth tentu akan menguras baterai yang berakibat melambatnya kerja ponsel.

Management Memori

1. Pastikan Anda telah melakukan pengaturan default penyimpanan image (hasil jepretan kamera), video recorder dan audio recorder pada kartu memori dan bukan memori internal.

2. Pada ponsel lokal, tersedia menu file manager yang dapat digunakan untuk menghapus file-file yang tidak penting. File manager ini juga dapat digunakan untuk membuang file yang tersisa setelah proses uninstall aplikasi.

3. Bila menginstal aplikasi atau game sebaiknya pilih ruang penginstalannya ke memori card jangan ke memori ponsel. Pastikan ruang sisa untuk kartu memori sebesar 20% dari total kapasitasnya. Karena dengan semakin penuhnya kartu memori, ini akan memberatkan meningkatkan kinerja ponsel kita.

4. Optimalisasi memori dengan aplikasi tambahan. Salah satu aplikasi untuk ponsel lokal yang dapat digunakan adalah MemoryUp. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan mengatur dan menghapus file-file yang tak terpakai atau mengendap di dalam memori. Manfaatnya, kinerja ponsel Anda lebih cepat dan mengurangi resiko hang.
Aplikasi ini dapat didownload di http://www.symbian-freeware.com/download-memoryup-personal.html. Meskipun diperuntukkan buat ponsel Symbian, namun karena merupakan aplikasi Java aplikasi ini dapat diinstal pada ponsel lokal yang sudah mendukung Java.

Kelebihan lain aplikasi ini terletak pada fitur ‘quick boost’ yang dapat meningkatkan ruang memori lebih lega. Silahkan Mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s