SEA GAMES 2011 : Sandow Tambah Pundi Emas Indonesia

Lifter angkat besi putra Indonesia Sandow Waldemar Nasution menambah pundi perolehan medali emas bagi kontingennya pada ajang SEA Games 2011.

Pada kompetisi yang diselenggarakan di Palembang, Jumat (18/11) petang, ia yang turun di kelas 77 Kg berhasil mengalahkan pesaingnya dua lifter Thailand Somphon Kaeokoet dan Ekkachai Yeeram.

Sandow berhasil mengumpulkan total angkatan seberat 326 kilogram, sedangkan dua pesaingnya yaitu Somphon 324 kilogram dan Ekkachai 312 kilogram dan mereka masing-masing meraih perak dan perunggu.

Persaingan untuk memperebutkan tempat pertama cukup ketat, karena pada jenis angkatan snatch lifter Indonesia itu hanya meraih angkatan terbaiknya 146 kilogram sedangkan lifter Negeri Gajah Putih Somphon angkatan terbaiknya 148 kilogram.

Atur strategi pelatih kedua negara di jenis angkatan clean and jerk cukup ketat, karena pelatih Sandow memasang target angkatan kesempatan pertama 175 kilogram dan berhasil.

Melihat hal itu, pelatih Thailand meminta ke panitia bahwa lifternya mengangkat dengan beban 176 kilogram dan berhasil pula mengangkatnya.

Mendapati hal tersebut, kontingen Indonesia menaikkan angkatan 180 kilogram pada kesempatan dan berhasil dan kondisi tersebut kian memanas dan pihak Thailand menaikkan angkatan sama yakni 180 kilogram pada kesempatan kedua, namun gagal.

Posisi tersebut menguntungkan bagi kubu tuan rumah, karena lifter Thailand tersebut harus mengangkat lebih dulu pada kesempatan ke tiga.

pelatih Thailand memasang 183 kilogram dengan alasan jika itu terangkat maka total yang diperoleh adalah 328 kilogram, namun sekali lagi gagal dan suara gemuruh penonton dan pendukung Indonesia membahana karena lifter negaranya meraih medali emas dengan total angkatan 326 kilogram meski belum mengangkat pada kesempatan ketiga.

Guna memenuhi kesempatan ke tiga, pelatih Sori Enda Nasution “memaksa” lifternya mengangkat barbel seberat 200 kilogram. Upaya tersebut langsung membuat seluruh penonton bahkan panitia dan peserta negara lain bersorak agar Sandow mampu mengangkatnya, tetapi gagal.

“Saya tadi ada sedikit licin di pundak, makanya gagal. Dalam latihan saya pernah mengangkat barbel seberat itu,” kata Sandow.

Sementara peringkat keempat adalah lifter Vietnam Duong Thanh Truc dengan total angkatan 303 kilogram, urutan ke lima Naharuddin Bin Mahayudin dari Malaysia dengan total angkatan 290 kilogram.

Kemudian urutan ke enam lifter Filipina Ronald Colonia dengan total angkatan 275 kilogram, dan tempat ke tujuh Thanouxay Keomani dari Laos total angkatannya 215 kilogram, sedangkan lifter Malaysia lainnya Zulkifli Che Rose gagal meraih angka karena pada seluruh kesempatan di jenis angkatan clean and jerk gagal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s