Foto Paus Ciuman dengan Tokoh Sunni, Vatikan Protes!

Sebuah kampanye bertajuk “Unhate” untuk mengajak penduduk dunia menghilangkan kebencian terhadap sesamanya yang dibuat oleh perusahaan pakaian Benetton asal Italia, mengundang protes keras dari tahta suci Vatikan. Masalahnya mereka memuat foto montase (rekayasa digital artist) Paus Benedictus XVI berciuman dengan tokoh Sunni.

“Ini menunjukkan kurangnya penghormatan terhadap Paus, menyakiti perasaan orang beriman, dan jelas-jelas mempertunjukkan tentang bagaimana publisitas dapat melanggar aturan-aturan dasar menghormati orang,” kata juru bicara Vatikan, Federico Lombardi, Rabu (16/11) seperti dirilis AFP.

Atas kecaman ini, Benetton langsung mencabut satu foto di situs UNHATE. Benetton juga mencabut foto suasana Kota Roma di mana salah satu gedung di kota tersebut terpasang gambar Paus berciuman dengan Sheikh Ahmed Mohamed el-Tayeb, imam Al-Azhar di Mesir. “Maafkan atas penggunaan gambar yang begitu menyakiti kepekaan beriman,” sebut pernyataan Benetton seperti dirilis kompas.com.

Benetton sendiri membentuk Yayasan UNHATE mengajak penduduk di dunia untuk mengunggah foto-foto mereka dalam mengekspresikan antikebencian. Bukan hanya Paus saja yang dibuat montase foto rekayasanya, sejumlah pimpinan negara terkenal juga tak luput dari “ide nakal” Benetton.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama dibuat berciuman dengan Presiden Venezuela Hugo Chavez. Bahkan Obama juga dibuat berciuman dengan pemimpin China, Hu Jintao. Selain itu ada Kanselir Jerman Angela Merkel berciuman dengan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy. Yang paling panas tentunya adalah foto Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang berciuman dengan pemimpin Palestina Mahmud Abbas. Juga diktator Korea Utara Kim Jong Il dengan Hu Jintao.

Mengusung kampanye anti kebencian terhadap sesama adalah sebuah ide yang mulia. Namun perlu dipertimbangkan, apakah bijak mengeluarkan sebuah media publikasi yang memuat foto seperti ini? Masing-masing orang punya pola pikir berbeda terhadap tradisi dan kesopanannya. Tujuan persatuan adalah yang utama, namun menghormati perbedaan itu yang harus tetap dihormati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s