SEA GAMES 2011 : Fransisca Valentina Atlet Taekwondo Indonesia Sumbang Perunggu

Fransisca Valentina menyumbang medali perunggu dari cabang Taekwondo Asian Games XVI/ 2010, setelah mampu menembus semifinal kelas 46 kilogram di Guangdong Gymnasium, Guangzhou, Rabu.
Sementara itu, medali emas kelas 46 kilogram diraih atlet China Taipei, Huang Hsien Yung dan perak diraih taekwondoin Jordania, Dana Touran.
“Senang bisa raih perunggu karena sebenarnya saya tidak mendapat target, namun bersyukur bisa sampai di semifinal. Touran sebenarnya yang terbaik di kelas ini, sehingga saya nggak kaget saat sulit melewatinya,” kata Valentina seusai pengalungan medali.
Perjalanan Fransisca Valentina meraih perunggu dilaluinya setelah pada perempat final mengalahkan atlet Malaysia Nurul Asfahlina Mohamed Johari dengan skor 2-1.
Namun pada babak semifinal, ia tak mampu menghadang Dana Touran yang tampil taktis. Beberapa tendangan atlet Indonesia sebenarnya cukup mengimbangi lawannya, namun karena penggunaan sensor pada “body protector” butuh tendangan telak, banyak tendangannya tidak masuk hitungan.
“Saya tak terbiasa dengan `body protector` bersensor itu, ternyata harus dilakukan dengan tendangan telak agar jadi poin. Banyak tendangan saya yang tak terhitung karena tak kena sensor itu,” ucap Fransisca.
Hal itu menjadi pelajaran berharga bagi dirinya untuk menghadapi pertandingan-pertandingan berikutnya. Target selanjutnya, Fransisca Valentina akan fokus untuk turun di kelas yang sama pada SEA Games 2011 di Indonesia.
“Saya akan melakukan persiapan lebih keras lagi, fokus saya di SEA Games 2011 nanti. Hasil Asian Games 2010 ini bekal berharga bagi saya,” kata peraih perak SEA Games 2009 itu.
Fransisca sebenarnya tidak dibebankan target oleh PBTI maupun KONI pada Asian Games 2010, namun justeru hal itu membuatnya bisa tampil lepas.
Ia mengaku sempat beberapa kali melakukan variasi tendangan untuk mengimbangi Touran, namun selalu mampu diblok dengan baik oleh lawannya.
“Saya baru pertama ketemu dia, banyak pelajaran yang bisa diraih dari Asian Games ini,” kata peringkat kedua Kejuaraan Taekwondo Asia 2009 itu.
Ia mengaku saat bertanding mendapat beberapa petunjuk dari pelatihnya untuk melakukan variasi, salah satunya ke bagian atas.
Sementara itu ,pada nomor 76 kilogram putra, Julius Fernando gagal setelah dikalahkan Duong Tanh Tam (Vietnam).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s