Pembangunan Permukiman Yahudi Dihujani Kecaman

Pemukiman Yahudi di Yerusalem.

Negara-negara Barat mengkritik keputusan Israel untuk mempercepat pembangunan permukiman di Tepi Barat dan Jerusalem Timur. Menteri Luar Negeri Inggris William Hague menyebut langkah Israel itu “provokatif dan tidak membantu.” Sementara Prancis dan Jerman menyebut langkah itu akan menghambat upaya damai.

“Proyek pembangunan pemukiman ini ilegal berdasarkan hukum internasional dan merupakan rangkaian provokasi,” kata Hague dalam satu pernyataan. Ia juga mengkritik langkah Israel menahan pendapatan pajak Palestina, yang diumumkan pada waktu yang sama. Hague juga menyerukan agar Israel mencabut dua keputusan itu. Demikian dilansir BBC Indonesia, Kamis (3/11).

Juru bicara kementrian luar negeri Prancis Bernard Valero mengatakan, “Pembangunan permukiman di Tepi Barat dan juga di Jerusalem timur adalah ilegal berdasarkan hukum internasional dan merupakan ancaman atas penyelesaian dua negara.”

Jerman juga mengecam pembangunan Israel itu. Steffen Seibert, juru bicara Kanselir Angela Merkel, mengatakan membangun pemukiman di daerah yang diduduki “menghambat tujuan penyelesaian dua negara dan tidak dapat dietrima.”

Israel mengumumkan akan mempercepat pembangunan pemukiman sehari setelah Palestina mendapatkan keanggotaan penuh dari badan organisasi budaya PBB, UNESCO. Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan hari Selasa lalu tentang rencana pembangunan 2.000 apartemen baru di Tepi Barat dan Jerusalem Timur akan dipercepat. Langkah itu dianggap Palestina sebagai hukuman karena keanggotaan dari UNESCO.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s