Garam bisa membuat Hard Disk Simpan Banyak Data

Garam menjadi bumbu dapur yang tidak dapat dilewatkan saat memasak. Kini, garam bisa menjadi bahan khusus agar hard disk komputer baru Anda mampu menyimpan data enam kali lebih banyak dari hard drive yang ada.

Peneliti dari Singapura menemukan bahwa sodium klorida di dalam garam meja dapat menjadi kunci untuk menjadikan hard drive lebih padat agar bisa menyimpan lebih banyak informasi.

“Hasil yang didapat ialah apabila “bits” tersebut dapat menjadi lebih padat maka akan mengurangi waktu memproses informasi,” kata Joel Yang, ilmuwan dari Institut Penelitiaan Bahan Singapura, Selasa (18/10).

Teknologi yang telah hadir pada hard drive sekarang hanya terbatas pada teknologi yang hanya bisa mengisi bagian kecil informasi. Setiap butir memiliki ukuran sekitar 7-8 nanometer. Padahal, tim riset telah membuktikan bahwa butir yang berukur 10 nanometer dapat menambahkan kapasitas informasi di dalam hard drive.

Dengan menggunakan sinar tembak elektron, mereka dapat melacak pola struktur nano di kaca film yang menutupi dasar hard drive. Lalu, mereka menggunakan cairan pengembang asin untuk membersihkan bagian dari film yang terkena elektron dan membuahkan hasil pola yang diinginkan.

Teknik tersebut digunakan untuk memperbesar ukuran dari luar permukaan dari hard drive, yang akan membantu individu dalam proses penyimpanan informasi.

sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s