NASA Temukan 100 Planet Mirip Bumi

Konsep Kepler dalam sistem tata surya jauh. (Courtesy of NASA/JPL-Caltech )

Tepat di luar sistem tata surya kita, NASA telah menemukan lebih dari 100 planet-baru mirip bumi. Suatu harapan baru bagi mereka yang tertarik pada kehidupan di luar Bumi.

Badan antariksa ini mengatakan bahwa pesawat antariksa Kepler telah mengumpulkan data lebih dari 156.000 bintang dalam mencari tanda-tanda planet yang mengorbitnya, selama enam minggu.

Data tersebut menunjukkan ada lima sistem tata surya baru dalam Bima Sakti serta 700 benda langit yang kemungkinan merupakan planet baru. 140 diantaranya dianggap mirip dengan planet bumi kita, yang komposisinya dapat mendukung pengembangan kehidupan.

Sebelum adanya laporan NASA, sekitar 450 planet telah ditemukan di luar tata surya kita selama 15 tahun terakhir. Namun sebagian besar dikenal tidak bersahabat bagi kehidupan dan memiliki suhu permukaan yang sangat tinggi.

Kepler diluncurkan pada April 2009 dan pada Juni telah menempati posisinya untuk memantau ruang di luar tata surya. Wahana antariksa ini akan melakukan misi empat tahun untuk menguji struktur dan keanekaragaman sistem planet dalam Bima Sakti dengan menggunakan kamera 95-megapixel.

“Sementara penelitian secara menyeluruh sedang dilakukan, implikasinya adalah bahwa banyak sistem planet memiliki planet ganda,” ujar William Borucki, investigator misi ini, kepada Mail Online.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s