Yuk Nonton Festival Film Eropa, Gratis!

Festival Film Eropa yang selama ini dikenal dengan Europe on Screen (EoS) kembali digelar. Memasuki tahun kelima penyelenggaraannya, festival film dengan tema ‘Old and Young Europe’ itu akan menyajikan 24 film panjang dan satu film pendek dari 21 negara Eropa.

Memang jumlah film yang diputar tahun ini tidak sebanyak festival sebelumnya yang menayangkan 40 film. Menurut Festival Director Europe on Screen 2011 Lulu Ratna, pihak penyelenggara memang lebih selektif, dan hanya memilih film terbaik untuk ditayangkan.

“Jadi setiap negara itu satu film, tapi ada juga yang dua film. Kali ini kami mengurangi jumlah film untuk meningkatkan kualitasnya,” ujarnya saat jumpa pers di Le Meridien, Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (25/10/2011).

Acara jumpa pers tersebut juga dihadiri oleh Kepala Delegasi Uni Eropa Julian Wilson, dan Deputy Chief of Mission Kedutaan Besar Polandia, Malgorzata Tanska. Wilson dan Tanska berharap dengan adanya festival ini, masyarakat Indonesia bisa menyaksikan budaya Eropa lewat beragam film yang ditampilkan.

Tema ‘Old and Young Europe’ sendiri menyorot dinamika benua Eropa yang sarat dengan sejarah dan tradisi, namut tak luput dari pembaharuan di berbagai bidang. 24 film panjang dan satu film pendek dari 21 negara Eropa itu diproduksi dalam rentang waktu lebih dari dua dekade.

Festival itu sendiri dibagi dalam beberapa seksi, yakni Againts the Odds, Crime and Misdemeanour, Family Affairs, Songs of Survival dan Sprinkles of Laughter. Tahun ini EoS juga mempersembahkan 9 film pendek Indonesia terbaik melalui EoS Short Film Competition.

Suguhan lain yang menarik di EoS tahun ini adalah pertunjukan musik ‘Reminiscing Beatles Night by the Banery’, menyusul pemutaran film ‘Nowhere Boy’ yang berkisah tentang perjalanan awal karir seorang legenda musik, John Lennon. Film tersebut dapat disaksikan di Erasmus Huis pada 9 November mendatang.

Keseluruhan film yang diputar bisa Anda saksikan secara gratis. Tiket dapat diperoleh di lokasi pada 45 menit sebelum film diputar.

Berikut ini jadwal pemutaran Festival Film Eropa 2011 di 7 kota di Indonesia:
– Yogyakarta (28-29 Oktober) di LIP
– Bandung (1-2 Nopember) di CCF
– Jakarta (4-11 Nopember) di Erasmus Huis, Istituto Italiano di Cultura, Institut Francais Indonesia dan Kineforum Jakarta Arts Council.
– Denpasar (12-13 Nopember) di Aliance Francaise
– Banda Aceh (14-18 Nopember) di Europe House
– Surabaya (19-20 Nopember) di CCCL
– Semarang (23-24 November) di Universitas Diponegoro

sumber detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s