PENEMU LAPTOP

Setelah komputer Berjaya dengan aplikasinya. Seiring dengan imajinasi manusia yang sedang berkembang maka lahirlah laptop yang mendulang dunia dengan kemewahannya. Tentunya hal pertama pasti sangat sederhana. Bahkan kita tidak bisa membayangkan betapa rumitnya.

Nah, apa itu laptop atau notebook? Laptop atau notebook adalah komputer jinjing yang bisa dibawa kemana-mana. Tentunya sebagai konsumen penikmat hasil karya orang, setidaknya kita sedikit berusaha tahu siapa orang yang berjasa kepada kita hingga kita bisa menikmati laptop atau notebook yang sekarang ini memanjakan kita.

Dalam buku 105 Penemu Dan Perintis Dunia karya Badiatul Muchlisin Asti dan Junaidi Abdul Munif mengatakan bahwa orang yang disebut-sebut pertama atau penemu laptop pertama adalah Adam Osborne. Dalam buku tersebut juga memaparkan tokoh lain yang merupakan tokoh dalam laptop ini. Juga dikatakan bahwa sebelum Osborne menemukan ada tokoh yang yang menggagas ide tentang laptop. Beliau adalah Alan Kay.
Alan memimpikan sebuah komputer yang berukuran sebesar buku catatan sehinga bisa dibawa kemana-mana. Pada waktu itu belum ada nama notebook atau laptop. Alan menamai alat itu dengan Dynabook. Impian Alan tersebut ya hanya sebatas impian. Karena adam Osborne lah orang pertama yang tercatat sebagai orang pertama yang menemukan komputer yang benar-benar portable yang kemudian dinamakan laptop.

Adam Osborne adalah keturunan inggris yang lahir di Thailand pada tahun 1939. Pada usia 11 tahun, oleh kedua orang tuanya Osborne dibawa pulang ke negaranya. Selepas kuliah di Amerika serikat di Universitas Delaware dengan gelar Ph.D dalam bidang kimia Osborne bekerja di perusahaan besar shell oil. Namun, ia memilih keluar dan bekerja sebagai penulis praktis, khususnya tentang perkembangan komputer.

Dari penulisannya bertahun-tahun, Osborne mulai menemukan konsep komputer praktis yang dapat benar-benar berguna, dapat bergerak bersama-sama orang yang menggunakannya, serta dapat digunakan kapan saja dan dimana saja orang itu berada.

Pada bulan maret 1980, Osborne bekerja sama dengan Felsentein yang tengah mendesain papan sirkuit untuk teknologi prosesor. Pada tahun 1981 terwujudlah komputer portable hasil buah fikiran Osborne yang diberi nama Osborne 1 dengan berat 12 kg.

Adam Osborne meninggal pada 35 maret 2003 di Kodiakanal, India selatan akibat menderita penyakit yang berkepanjangan pada otaknya. Dunia mengenangnya sebagai orang pertama yang menciptakan komputer portable atau bisa disebut dengan notebook atau laptop.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s